Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Fungsi Tombol, Overdrive pada Transmisi Mobil Matic


Overdrive pada Transmisi Mobil Matic

Mobil dengan transmisi matic menjadi pilihan sebagian masyarakat di Indonesia khususnya di perkotaan. Hal ini karena pengoperasiannya lebih mudah dibandingkan mobil manual.


Pengemudi mobil matic harus mengetahui fungsi dari panel tuas transmisi otomatis. Beberapa jenis mobil matic memiliki fitur overdrive, yang diletakkan berupa tombol di sekitar tuas transmisi.


Secara umum, fitur ini berguna saat mobil hendak menyalip atau berada di jalan menanjak.


Tombol overdrive biasanya ditandai dengan logo 'O/D', yang ketika ditekan akan mati. Jadi dalam keadaan normal, overdrive sebenarnya aktif.



Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan ketika ditekan fitur ini akan menampilkan simbol 'O/D Off' di layar instrumen atau MID (Multi Information Display).
 
“Fungsi utama overdrive adalah untuk membatasi sistem akselerasi perpindahan gigi. Artinya transmisi tidak bekerja dengan semua rasio gigi yang tersedia. Misalnya pada mobil 4 percepatan, transmisi hanya bekerja hingga rasio gigi ketiga saja," kata Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hermas menjelaskan, secara teknis saat overdrive dalam kondisi Off, kecepatan transmisi maksimal akan sama dengan putaran mesin.

Sedangkan jika overdrive dibiarkan dalam kondisi On alias tidak ditekan, maka kecepatan transmisi akan lebih besar dari putaran mesin.

Namun, saat menonaktifkan overdrive, akibatnya konsumsi bahan bakar lebih boros. Karena dengan transmisi otomatis yang menahan transmisi di maksimal 3 gigi, putaran mesin akan mengaum lebih tinggi.

Di sisi lain, torsi mobil semakin besar. Tak heran jika penggunaan overdrive idealnya dimatikan saat membutuhkan tenaga atau putaran besar untuk mendorong mobil saat di tanjakan atau saat menyalip.
 
Sedangkan saat berkendara normal, seperti di jalan tol, sebaiknya dinonaktifkan agar konsumsi bahan bakar lebih baik, hingga kecepatan lebih tinggi.

Sedangkan saat mobil menghadapi tanjakan yang curam atau terjebak macet dengan kondisi jalan yang merayap, sebaiknya jangan langsung menekan tombol overdrive. Tapi tuas persneling harus diturunkan ke posisi 2 atau 1.

Dengan begitu, torsi mobil akan lebih besar dan membuat mesin lebih ringan di medan.


Posting Komentar untuk "Ini Fungsi Tombol, Overdrive pada Transmisi Mobil Matic"